Ponpes Uswatun Hasanah Gelar MTQ Tingkat Pesantren, Berikut Cabang Lombanya

Daerah37 Dilihat

Pondok Pesantren Uswatun Hasanah Cendana Hijau, Kecamatan Wotu, Kabupaten Luwu Timur, menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat pondok pesantren yang ke-17. Kegiatan berlangsung selama enam hari, mulai tanggal 4 hingga 9 Oktober 2023.

Ketua Panitia, Muh. Idris, S.Pd., menyatakan bahwa MTQ ini diikuti oleh 344 peserta dari pondok pesantren tersebut.

“Kami memiliki sembilan cabang lomba, termasuk dakwah tiga bahasa (Arab, Inggris, dan Arab), Syarhil Qur’an, Tilawah, Cerdas Cermat Qur’an, Kaligrafi, Tartil Qur’an, dan tahafudz juz 30,” ujarnya.

Kepala Madrasah Aliyah, Mustafa Mas’ud, S.Pd.I., Gr., menjelaskan bahwa MTQ bukan hanya ajang silaturrahmi, tetapi juga merupakan kesempatan untuk melatih mental dan menilai potensi santri dalam proses pembelajaran.

“Kegiatan ini memungkinkan kami untuk melakukan evaluasi terhadap kemampuan serta potensi santri selama satu tahun belajar di pesantren ini,” kata Mustafa.

Pembina Pondok, Suhardi, S.Pd.I., mengungkapkan bahwa MTQ tingkat pondok pesantren merupakan awal dari perjalanan menuju tingkat yang lebih tinggi, yaitu tingkat daerah.

“Dahulu, kami hanya mengikuti cabang lomba Syarhil Qur’an dan Cerdas Cermat Qur’an, namun sekarang kami berharap santri dapat berpartisipasi dalam cabang lomba lainnya seperti kaligrafi dan tilawah,” katanya.

Penasehat, Edi Hartono, S.Pd., M.Si., menambahkan, “Kami bersyukur menjadi santri karena ini memberi kami fokus dalam menuntut ilmu, terutama ilmu agama. Momentum MTQ adalah kesempatan bagi mereka untuk melatih kemampuan dan meningkatkan kecintaan terhadap ilmu agama.”

Acara MTQ ini mencerminkan semangat dan dedikasi santri Pondok Pesantren Uswatun Hasanah Cendana Hijau dalam membangun dan mewujudkan generasi santri yang berakhlak, mengikuti jejak Rasulullah Saw., dan memiliki kecintaan yang mendalam terhadap Al-Qur’an.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *