PEMIKIRAN ISLAM WAHABI DAN PENGARUH NYA TERHADAP PENDIDIKAN

Pendidikan86 Dilihat

Muhamad Nurdin1, Andi Ismayani2
1Univerisitas PTIQ Jakarta,Indonesia
2Univerisitas PTIQ Jakarta,Indonesia
1Nurdinaddhoifi@gmail.com
2Andiismayani04@gmail.com

ABSTRAK
Dalam makalah penelitian ini, penulis menyelidiki pemikiran Wahabi dalam Islam dengan fokus pada pemahaman makna aliran ini, sejarah munculnya, tokoh-tokoh yang memainkan peran sentral, karakteristik utama pemikiran Wahabi, dan dampaknya terhadap pendidikan, terutama di Arab Saudi, serta dampak yang mencapai berbagai negara, termasuk Indonesia. Makalah penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pemikiran Wahabi dan bagaimana pemahaman ini memengaruhi praktik keagamaan dan pandangan umat Islam. Penulis juga akan menjelajahi sejarah munculnya aliran ini, tokoh-tokoh yang relevan di tingkat global dan di Indonesia, serta karakteristik kunci dari pemikiran Wahabi. Melalui pendekatan studi kepustakaan serta medote analisis deskriptif penulis mengkaji dampak pemikiran Wahabi terhadap pendidikan dan bagaimana pengaruhnya mencapai berbagai negara, termasuk Indonesia. penelitian ini merupakan upaya untuk memahami isu yang kompleks ini dengan konteks yang seimbang dan objektif, dengan menghindari prasangka dan penilaian yang tidak adil.
Kata kunci : Pemikiran islam, Wahabi, Pendidikan islam.

ABSTRACT
In this research paper, the author investigates Wahhabi thought in Islam with a focus on understanding the meaning of this sect, the history of its emergence, the figures who played a central role, the main characteristics of Wahhabi thought, and its impact on education, especially in Saudi Arabia, as well as the impact that reaches various countries, including Indonesia. This research paper aims to provide a deeper understanding of Wahhabi thought and how this understanding influences the religious practices and views of Muslims. The author will also explore the history of the emergence of this sect, relevant figures at the global level and in Indonesia, as well as the key characteristics of Wahabi thought. Through a literature study approach and descriptive analysis method, the author examines the impact of Wahabi thought on education and how its influence reaches various countries, including Indonesia. This research is an attempt to understand this complex issue in a balanced and objective context, avoiding prejudice and unfair judgment.

Keyword: Islamic Thought, Wahhabism, Education.

‌Download file link jurnal di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *